Skip to main content

Tips Meningkatkan Kemampuan Mengatur Waktu

Pernahkan anda bertanya pada diri anda sendiri “Mengapa beberapa orang meraih lebih banyak hal dengan waktu yang ada daripada saya, meskipun kita semua mendapatkan waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari?” Jawabannya sederhana : Kemampuan mengatur waktu yang sangat baik.
source

Merencanakan seberapa banyak waktu yang akan anda habiskan untuk aktivitas setiap harinya sangatlah penting bagi kehidupan pribadi anda dan kesuksesan karir. Sebenarnya, ada beberapa keuntungan untuk mengatur waktu anda secara efektif, yaitu :
-    Mengurangi stress
-    Kualitas hidup yang lebih baik
-    Produktivitas dan efisiensi kerja yang lebih besar
-    Peluang untuk mencapai tujuan karir lebih besar
Jika anda ingin menjadi pengatur waktu yang handal dan memiliki semua keuntungan di atas, maka yang perlu anda lakukan adalah menerapkan 5 tips sederhana di bawah ini untuk membantu anda menggunakan waktu secara bijak :

1)  Bangun Pagi
Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa seseorang yang selalu bangun pagi cenderung memiliki energi lebih besar untuk berkativitas dan mengeksplor lebih banyak hal. Cobalah untuk bangun pagi setiap harinya yaitu sekitar jam 5-6 pagi, sehingga anda dapat beradaptasi dengan gaya hidup sehat dan melakukan kegiatan yang perlu anda kerjakan. Apakah anda pintar di pelajaran matematika? Bagi 24 jam dengan 3 : hasilnya yaitu 8 jam bekerja, 8 jam bersenang-senang dan 8 jam tidur.
Kesulitan untuk bangun pagi? Coba install aplikasi “I Can’t Wake Up” di gadget anda, yang akan membantu anda untuk segera bangun dari tempat tidur.

2)  Mengatur Perkiraan Waktu secara Realistis
Pastikan anda mengetahui bagaimana anda akan menghabiskan waktu setiap harinya dan bahwa anda telah mengatur perkiraan waktu dengan realistis pada setiap kegiatan. Hormati diri anda sendiri dan kenali batasan anda sehubungan dengan apa yang bisa anda lakukan sesuai dengan alokasi waktu yang telah diatur. Coba pikirkan seberapa banyak waktu yang perlukan dan apa rencana anda selanjutnya. Alokasikan waktu kegiatan dengan jeda 1 ½ jam atau 1 jam, sehingga anda dapat beristirahat atau untuk mempersiapkan diri. Anda dapat menggunakan aplikasi “Toggl” yaitu sebuah aplikasi time tracking untuk menghindari jadwal yang bertabrakan.

3)  Mengatur Prioritas
Aturlah prioritas anda  yang paling besar terlebih dahulu, kemudian baru mengatur prioritasyang lebih kecil supaya dapat sesuai dengan jadwal anda. Jika anda belum mengetahui prioritas anda yang paling besar, tanyakan pada diri anda sendiri apa yang penting bagi anda, misalnya keluarga, pekerjaan, sahabat, karir, berikan waktu berkualitas kepada mereka dan tinggalkan sejenak kegiatan lainnya dalam satu hari. Jika anda belum pernah menonton “Rocks in a Jar”, cobalah karena merupakan contoh yang baik dalam mengatur waktu anda secara efektif dan akan membantu anda mengetahui mengapa hal tersebut sangatlah penting.

4)  Menemukan Masalahnya
Buatlah suatu upaya untuk menuliskan apa yang anda lakukan setiap harinya, dengan tujuan untuk mengetahui kegiatan apa yang banyak menghabiskan waktu anda sedangkan anda bisa melakukan sesuatu yang lebih produktif. Misalnya, anda akan membuang banyak waktu untuk membuka Facebook dan Twitter, menonton TV, atau menelpon banyak orang. Selain itu, selidiki apa alasan anda tidak dapat menyelesaikan tugas yang ada dalam to-do-list hingga berakhirnya hari. Mungkin anda tidak adapat menolak atau tidak dapat berkonsentrasi pada tugas tertentu, atau anda sudah tidak menikmati pekerjaan anda lagi, atau anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakan tugas tersebut. Aplikasi “Any do” dapat membantu anda menyelesaikan tugas-tugas yang ada dengn cara mengingatkan apa yang perlu anda lakukan sepanjang hari.

5)  Beristirahat
Seperti yang dikatakan sebelumnya, anda perlu menghabiskan 8 jam dalam sehari untuk bersenang-senang, sehingga pastikan bahwa anda meluangkan waktu untuk bersantai dan bersosialisasi dengan teman-teman. Seperti sebuah slogan “Have abreak, have a KitKat”, jadi anda harus menjadwalkan waktu santai sesekali dan rencanakan untuk pergi ke bioskop atau makan malam dengan teman anda setelah sibuk bekerja seharian. Cara tersebut pasti akan membantu anda mendapatkan energi kembali dan membantu anda untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas.

Untuk sukses dalam mengatur waktu, yang anda perlukan adalah menerapkan tips berikut : beristirahat, merefresh diri anda, mengatur prioritas dan membuat rencana kedepannya! Jadi, bagaimana cara anda untuk bersaing dengan waktu? Berikan komentar anda.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Ganti kebiasaan jelek dengan kebiasaan baru yang lebih baik!

Apakah kamu punya kebiasaan jelek ? Jika punya kamu tepat tuk membaca thread ini dan bagi setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang jelek dan buat kamu yang membaca thread ini semoga setelah membacanya kamu memiliki sebuah harapan yang nyata agar diri kamu bisa merubah kebiasaan jelek  tersebut sekarang juga! dengan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik buat diri kamu sendiri emoticon-Smilie 1. Pahami Lingkar Kebiasan kamu Quote: Memahami lingkar kebiasaan yang kamu lakukan adalah hal yang wajib kamu ketahui jika kamu ingin berubah. Apa sih kira-kira dari lingkar kebiasaan yang jelek buat diri kamu ? Apakah dengan tiduran seharian itu adalah lingkar kebiasaan yang jelek? Apakah dengan makan makanan enak tanpa olahraga, dan males gerak adalah lingkar kebiasaan yang jelek juga  buat diri kamu? Dan contoh pertanyaan gambaran tadi  hanya diri kamu seorang yang bisa menjawabnya emoticon-Smilie Catatlah lingkar kebiasaan jelek tersebut pada jam berapa kamu melakukan ke...

Awas! Mindset Salah, Bisnis Bisa-bisa Bermasalah (Laris Part-1)

Oke langsung saja... Malam ini saya tidak akan membahas teknis, melainkan saya akan mengawali perjumpaan kita dengan pembahasan tentang MINDSET atau POLA PIKIR. Kenapa ini saya bahas di awal? Karena memang ini yang bisa membawa kita untuk terus maju dan sukses. Jika diibaratkan motor, Mindset adalah mesinnya. Kalau mesinnya bermasalah, maka motornya bisa macet.  Itu alasan pertama... Alasan kedua, kenapa Mindset saya bahas di awal? karena kebanyakan orang yang pernah saya temui, mereka berpikir “ Membuka Bisnis Itu Sulit. “ Mungkin hal itulah yang menyebabkan minat berbisnis di negara kita tercinta ini, lebih sedikit dibandingkan minat bekerja di sebuah perusahaan.  Terbukti banyak orang yang BARU MERASA butuh memulai bisnis setelah kena PHK, atau ketika gaji yang ada tidak mencukupi kebutuhan hidup.  Lantas, apakah memulai bisnis itu benar-benar sulit?  Untuk tahu jawabannya, coba jawab pertanyaan dibawah ini... Bagi yang emak-emak nich... Coba ingat-ingat kembali, ...

HATI HATI !! Masalah Keuangan Muncul Justru Ketika Kita Punya Pendapatan

Artikel ini dibuat berdasar kisah nyata, bukan khayalan semata Yang namanya hidup tentu ada masalah, dan salah satu yang banyak dikeluhkan adalah masalah keuangan. Tapi tahukan agan2 bahwa masalah keuangan banyak muncul justru ketika kita mulai punya pendapatan tetap. Kenapa bisa begitu ? Berikut sendikit penjelasan dari saya : Punya uang = punya banyak keinginan Inilah faktor utama kenapa orang yang sudah punya pendapatan tetap justru mulai mengalami masalah keuangan. Karna semakin kita punya uang, maka akan semakin banyak pula keinginan yang terbersit di pikiran. Orang dengan penghasilkan rendah ia akan fokus menggunakan uangnnya untuk makan ( bertahan hidup ).  Orang dengan penghasilan menengah, selain untuk makan, ia juga mulai menggunakan uangnya untuk pakaian, komunikasi, kendaraan dan tempat tinggal. Nah disinilah mulai timbul masalah, jika pemenuhan keinginan tersebut dilakukan secara cash tentu tidak akan jadi persolaan. Namun fakya yang kita temui dimasyarakat justru peme...