Pernahkan anda bertanya pada diri anda sendiri “Mengapa beberapa orang meraih lebih banyak hal dengan waktu yang ada daripada saya, meskipun kita semua mendapatkan waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari?” Jawabannya sederhana : Kemampuan mengatur waktu yang sangat baik.
![]() |
source |
Merencanakan seberapa banyak waktu yang akan anda habiskan untuk aktivitas setiap harinya sangatlah penting bagi kehidupan pribadi anda dan kesuksesan karir. Sebenarnya, ada beberapa keuntungan untuk mengatur waktu anda secara efektif, yaitu :
- Mengurangi stress
- Kualitas hidup yang lebih baik
- Produktivitas dan efisiensi kerja yang lebih besar
- Peluang untuk mencapai tujuan karir lebih besar
Jika anda ingin menjadi pengatur waktu yang handal dan memiliki semua keuntungan di atas, maka yang perlu anda lakukan adalah menerapkan 5 tips sederhana di bawah ini untuk membantu anda menggunakan waktu secara bijak :
1) Bangun Pagi
Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa seseorang yang selalu bangun pagi cenderung memiliki energi lebih besar untuk berkativitas dan mengeksplor lebih banyak hal. Cobalah untuk bangun pagi setiap harinya yaitu sekitar jam 5-6 pagi, sehingga anda dapat beradaptasi dengan gaya hidup sehat dan melakukan kegiatan yang perlu anda kerjakan. Apakah anda pintar di pelajaran matematika? Bagi 24 jam dengan 3 : hasilnya yaitu 8 jam bekerja, 8 jam bersenang-senang dan 8 jam tidur.
Kesulitan untuk bangun pagi? Coba install aplikasi “I Can’t Wake Up” di gadget anda, yang akan membantu anda untuk segera bangun dari tempat tidur.
2) Mengatur Perkiraan Waktu secara Realistis
Pastikan anda mengetahui bagaimana anda akan menghabiskan waktu setiap harinya dan bahwa anda telah mengatur perkiraan waktu dengan realistis pada setiap kegiatan. Hormati diri anda sendiri dan kenali batasan anda sehubungan dengan apa yang bisa anda lakukan sesuai dengan alokasi waktu yang telah diatur. Coba pikirkan seberapa banyak waktu yang perlukan dan apa rencana anda selanjutnya. Alokasikan waktu kegiatan dengan jeda 1 ½ jam atau 1 jam, sehingga anda dapat beristirahat atau untuk mempersiapkan diri. Anda dapat menggunakan aplikasi “Toggl” yaitu sebuah aplikasi time tracking untuk menghindari jadwal yang bertabrakan.
3) Mengatur Prioritas
Aturlah prioritas anda yang paling besar terlebih dahulu, kemudian baru mengatur prioritasyang lebih kecil supaya dapat sesuai dengan jadwal anda. Jika anda belum mengetahui prioritas anda yang paling besar, tanyakan pada diri anda sendiri apa yang penting bagi anda, misalnya keluarga, pekerjaan, sahabat, karir, berikan waktu berkualitas kepada mereka dan tinggalkan sejenak kegiatan lainnya dalam satu hari. Jika anda belum pernah menonton “Rocks in a Jar”, cobalah karena merupakan contoh yang baik dalam mengatur waktu anda secara efektif dan akan membantu anda mengetahui mengapa hal tersebut sangatlah penting.
4) Menemukan Masalahnya
Buatlah suatu upaya untuk menuliskan apa yang anda lakukan setiap harinya, dengan tujuan untuk mengetahui kegiatan apa yang banyak menghabiskan waktu anda sedangkan anda bisa melakukan sesuatu yang lebih produktif. Misalnya, anda akan membuang banyak waktu untuk membuka Facebook dan Twitter, menonton TV, atau menelpon banyak orang. Selain itu, selidiki apa alasan anda tidak dapat menyelesaikan tugas yang ada dalam to-do-list hingga berakhirnya hari. Mungkin anda tidak adapat menolak atau tidak dapat berkonsentrasi pada tugas tertentu, atau anda sudah tidak menikmati pekerjaan anda lagi, atau anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakan tugas tersebut. Aplikasi “Any do” dapat membantu anda menyelesaikan tugas-tugas yang ada dengn cara mengingatkan apa yang perlu anda lakukan sepanjang hari.
5) Beristirahat
Seperti yang dikatakan sebelumnya, anda perlu menghabiskan 8 jam dalam sehari untuk bersenang-senang, sehingga pastikan bahwa anda meluangkan waktu untuk bersantai dan bersosialisasi dengan teman-teman. Seperti sebuah slogan “Have abreak, have a KitKat”, jadi anda harus menjadwalkan waktu santai sesekali dan rencanakan untuk pergi ke bioskop atau makan malam dengan teman anda setelah sibuk bekerja seharian. Cara tersebut pasti akan membantu anda mendapatkan energi kembali dan membantu anda untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas.
Untuk sukses dalam mengatur waktu, yang anda perlukan adalah menerapkan tips berikut : beristirahat, merefresh diri anda, mengatur prioritas dan membuat rencana kedepannya! Jadi, bagaimana cara anda untuk bersaing dengan waktu? Berikan komentar anda.
Comments
Post a Comment