Skip to main content

Tips Meningkatkan Kemampuan Mengatur Waktu

Pernahkan anda bertanya pada diri anda sendiri “Mengapa beberapa orang meraih lebih banyak hal dengan waktu yang ada daripada saya, meskipun kita semua mendapatkan waktu yang sama yaitu 24 jam dalam sehari?” Jawabannya sederhana : Kemampuan mengatur waktu yang sangat baik.
source

Merencanakan seberapa banyak waktu yang akan anda habiskan untuk aktivitas setiap harinya sangatlah penting bagi kehidupan pribadi anda dan kesuksesan karir. Sebenarnya, ada beberapa keuntungan untuk mengatur waktu anda secara efektif, yaitu :
-    Mengurangi stress
-    Kualitas hidup yang lebih baik
-    Produktivitas dan efisiensi kerja yang lebih besar
-    Peluang untuk mencapai tujuan karir lebih besar
Jika anda ingin menjadi pengatur waktu yang handal dan memiliki semua keuntungan di atas, maka yang perlu anda lakukan adalah menerapkan 5 tips sederhana di bawah ini untuk membantu anda menggunakan waktu secara bijak :

1)  Bangun Pagi
Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa seseorang yang selalu bangun pagi cenderung memiliki energi lebih besar untuk berkativitas dan mengeksplor lebih banyak hal. Cobalah untuk bangun pagi setiap harinya yaitu sekitar jam 5-6 pagi, sehingga anda dapat beradaptasi dengan gaya hidup sehat dan melakukan kegiatan yang perlu anda kerjakan. Apakah anda pintar di pelajaran matematika? Bagi 24 jam dengan 3 : hasilnya yaitu 8 jam bekerja, 8 jam bersenang-senang dan 8 jam tidur.
Kesulitan untuk bangun pagi? Coba install aplikasi “I Can’t Wake Up” di gadget anda, yang akan membantu anda untuk segera bangun dari tempat tidur.

2)  Mengatur Perkiraan Waktu secara Realistis
Pastikan anda mengetahui bagaimana anda akan menghabiskan waktu setiap harinya dan bahwa anda telah mengatur perkiraan waktu dengan realistis pada setiap kegiatan. Hormati diri anda sendiri dan kenali batasan anda sehubungan dengan apa yang bisa anda lakukan sesuai dengan alokasi waktu yang telah diatur. Coba pikirkan seberapa banyak waktu yang perlukan dan apa rencana anda selanjutnya. Alokasikan waktu kegiatan dengan jeda 1 ½ jam atau 1 jam, sehingga anda dapat beristirahat atau untuk mempersiapkan diri. Anda dapat menggunakan aplikasi “Toggl” yaitu sebuah aplikasi time tracking untuk menghindari jadwal yang bertabrakan.

3)  Mengatur Prioritas
Aturlah prioritas anda  yang paling besar terlebih dahulu, kemudian baru mengatur prioritasyang lebih kecil supaya dapat sesuai dengan jadwal anda. Jika anda belum mengetahui prioritas anda yang paling besar, tanyakan pada diri anda sendiri apa yang penting bagi anda, misalnya keluarga, pekerjaan, sahabat, karir, berikan waktu berkualitas kepada mereka dan tinggalkan sejenak kegiatan lainnya dalam satu hari. Jika anda belum pernah menonton “Rocks in a Jar”, cobalah karena merupakan contoh yang baik dalam mengatur waktu anda secara efektif dan akan membantu anda mengetahui mengapa hal tersebut sangatlah penting.

4)  Menemukan Masalahnya
Buatlah suatu upaya untuk menuliskan apa yang anda lakukan setiap harinya, dengan tujuan untuk mengetahui kegiatan apa yang banyak menghabiskan waktu anda sedangkan anda bisa melakukan sesuatu yang lebih produktif. Misalnya, anda akan membuang banyak waktu untuk membuka Facebook dan Twitter, menonton TV, atau menelpon banyak orang. Selain itu, selidiki apa alasan anda tidak dapat menyelesaikan tugas yang ada dalam to-do-list hingga berakhirnya hari. Mungkin anda tidak adapat menolak atau tidak dapat berkonsentrasi pada tugas tertentu, atau anda sudah tidak menikmati pekerjaan anda lagi, atau anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakan tugas tersebut. Aplikasi “Any do” dapat membantu anda menyelesaikan tugas-tugas yang ada dengn cara mengingatkan apa yang perlu anda lakukan sepanjang hari.

5)  Beristirahat
Seperti yang dikatakan sebelumnya, anda perlu menghabiskan 8 jam dalam sehari untuk bersenang-senang, sehingga pastikan bahwa anda meluangkan waktu untuk bersantai dan bersosialisasi dengan teman-teman. Seperti sebuah slogan “Have abreak, have a KitKat”, jadi anda harus menjadwalkan waktu santai sesekali dan rencanakan untuk pergi ke bioskop atau makan malam dengan teman anda setelah sibuk bekerja seharian. Cara tersebut pasti akan membantu anda mendapatkan energi kembali dan membantu anda untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas.

Untuk sukses dalam mengatur waktu, yang anda perlukan adalah menerapkan tips berikut : beristirahat, merefresh diri anda, mengatur prioritas dan membuat rencana kedepannya! Jadi, bagaimana cara anda untuk bersaing dengan waktu? Berikan komentar anda.

Comments

Popular posts from this blog

Awas! Mindset Salah, Bisnis Bisa-bisa Bermasalah (Laris Part-1)

Oke langsung saja... Malam ini saya tidak akan membahas teknis, melainkan saya akan mengawali perjumpaan kita dengan pembahasan tentang MINDSET atau POLA PIKIR. Kenapa ini saya bahas di awal? Karena memang ini yang bisa membawa kita untuk terus maju dan sukses. Jika diibaratkan motor, Mindset adalah mesinnya. Kalau mesinnya bermasalah, maka motornya bisa macet.  Itu alasan pertama... Alasan kedua, kenapa Mindset saya bahas di awal? karena kebanyakan orang yang pernah saya temui, mereka berpikir “ Membuka Bisnis Itu Sulit. “ Mungkin hal itulah yang menyebabkan minat berbisnis di negara kita tercinta ini, lebih sedikit dibandingkan minat bekerja di sebuah perusahaan.  Terbukti banyak orang yang BARU MERASA butuh memulai bisnis setelah kena PHK, atau ketika gaji yang ada tidak mencukupi kebutuhan hidup.  Lantas, apakah memulai bisnis itu benar-benar sulit?  Untuk tahu jawabannya, coba jawab pertanyaan dibawah ini... Bagi yang emak-emak nich... Coba ingat-ingat kembali, ...

Ternyata Baking Powder dengan Baking Soda Berbeda Lho?!

SainsMe - Di artikel sebelumnya, kamu sudah mengenal salah satu bahan pengembang adonan roti, yaitu ragi. Selain ragi, sebenarnya ada juga bahan pengembang lain yang sering digunakan dalam roti. Salah satunya adalah baking powder . Errrrr baking powder atau baking soda ? Samakah kedua bahan itu? Ternyata, baking powder dan baking soda adalah dua bahan yang berbeda! Bagaimana bedanya? Mengapa bisa ada dua jenis bahan yang nama dan kegunaannya hampir mirip? Begini, baking soda adalah bahan pengembang yang hanya mengandung soda murni. Orang-orang ahli kimia biasa menyebutnya dengan sebutan natrium bikarbonat. Baking soda tersebut bersifat basa murni. Sedangkan baking powder adalah natrium bikarbonat yang dicampur dengan zat lain yang bersifat sedikit asam. Semakin bingung mengapa ada yang basa murni dan ada yang dicampur dengan asam? Mungkin penjelasan bagaimana kedua bahan tersebut bisa mengembangkan adonan roti akan membantumu memahaminya. Seperti halnya ragi, baik baking pow...

10 Cara Belajar yang Baik Berbahasa Inggris dengan 2M

Ingin tahu cara belajar yang baik menguasai bahasa asing? Apapun bahasanya anda bisa mudah mempelajarinya dan sangat tidak memberatkan asal anda tahu cara tipsnya yang akan saya bahas dalam artikel Just Share… What can I Share. 1. Pastikan anda memang anda keinginan yang MEMBARA belajar bahasa Inggris, menguatkan motivasi dan tekat anda sangat akan membantu anda gigih hingga belajar tuntas. 2. Segera anda tentukan cara belajar yang baik , salah satu cara yang selama ini telah terbukti keampuhannya adalah dengan Listening (Mendengar) and Reading (Membaca), atau bisa juga dengan salah satu saja Reading atau Listening saja. Strategi ini bisa anda atur mana yang lebih efektif dan efisien menurut anda belajar bahasa Inggris. Apapun cara yang anda pilih akan sangat lebih efektif bila keduanya bisa anda jalankan, setelah itu ditambah dengan kemampuan membaca sambil menulis.