Setiap orang menghadapi gangguan di kantor setiap harinya. Mungkin email, internet, telepon atau rekan kerja yang tidak mau berhenti mengobrol. Gangguan seperti itu menimbulkan produktivitas kerja yang buruk dan tidak efektif. Berikut ini merupakan beberapa gangguan yang sering terjadi di kantor, sekaligus saran untuk meminimalisasi:
source |
1) Email
Email merupakan salah satu penyebab gangguan di kantor. Kebanyakan orang berakhir menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya hanya untuk membaca dan membalas email. Berikut ini strategi untuk menangani gangguan tersebut :
- Menjadwalkan waktu untuk membuka email – untuk menghindari membuang waktu, dianjurkan untuk membuat sebuah jadwal tertentu untuk mengecek email anda. Saat jam makan siang atau sepulang kerja. Jangan menghabiskan waktu lebih dari 30 menit untuk membaca dan membalas email-email anda.
- Mengalokasikan waktu untuk produktivitas rendah – beberapa orang bekerja keras saat malam hari, ketika yang lain lebih produktif bekerja pada pagi hari. Buatlah jadwal untuk kegiatan membuka dan membalas email anda pada jam-jam dengan produktivitas kerja rendah. Dengan cara ini, anda dapat menghabiskan waktu sibuk dengan kualitas baik dan fokus pada tugas yang anda.
- Menutup program email – ketika anda tidak mengecek email, tutuplah program email di laptop, komputer atau android anda. Alternative lain yaitu mematikan nada dering yang dapat mengganggu anda.
- Menerjemahkan Email ke dalam tindakan – jika anda menyadari bahwa email tertentu membutuhkan waktu yang lama untuk membalasnya, anda dapat menuliskan dalam to-do-list anda sebagai pengingat untuk membalasnya setelah pekerjaan anda selesai.
2) Instant Messaging (Pesan Instan)
Instant Messaging (IM) adalah sarana komunikasi yang berpengaruh besar pada kebanyakan perusahaan atau organisasi. Terutama berguna untuk menangani pertanyaan cepat dari rekan kerja atau pelanggan. Namun, IM juga dapat menimbulkan gangguan di kantor. Untuk menghindari terganggunya pekerjaan karena IM, sebaiknya anda menentukan jam-jam tertentu untuk online. Jika anda tidak ingin diganggu, gantilah status IM anda menjadi “invisible” atau “busy”, atau menonaktifkan aplikasi IM anda. Anda juga dapat membiarkan teman-teman anda tahu apabila anda sedang menggunakan IM.
3) Internet
Internet merupakan gangguan utama di kantor. Kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka setiap hari untuk membuka situs media sosial seperti YouTube, Twitter dan Facebook dengan mengorbankan pekerjaan mereka. Berikut ini beberapa tips untuk menangani gangguan tersebut :
- Tutuplah semua program browser internet anda – ketika anda tidak menggunakan internet, segera tutup program browser anda. Hal ini akan membantu anda menghindari godaan untuk mengecek pesan berulang kali. Anda perlu mempertimbangkan untuk mengatur waktu tertentu untuk mengunjungi situs sosial media atau mengecek email.
- Gunakan software khusus – ada beberapa aplikasi seperti Anti-Social dan Freedom yang dapat digunakan untuk memblokir akses internet, sehingga produktivitas anda terjamin. Anda dapat memilih situs tertentu untuk diblokir dan durasi waktu tidak aktif untuk situs-situs tersebut.
4) Lingkungan Kerja
Gangguan dari lingkungan kerja dapat berasal dari rekan kerja yang berisik atau dari suara mesin. Jadi, bagaimana anda menangani lingkungan kerja yang seperti itu?
- Tutuplah pintu – cara ini akan mencegah rekan kerja yang dengan santai masuk ke dalam ruangan anda. Anda juga dapat menggantungkan tulisan “Do Not Disturb!” di pintu ruangan anda.
- Gunakan headphones – jika anda bekerja di kantor yang terbuka atau hanya terdiri dari bilik-bilik, menggunakan headphones dapat mencegah orang-orang untuk mengganggu anda. Anda dapat menggunakannya bahkan jika anda tidak mendengarkan apapun.
- Ubah lokasi kerja anda – jika pekerjaan anda sangat membutuhkan konsentrasi, anda dapat mempertimbangkan untuk mengerjakan tugas di tempat yang lebih tenang. Mungkin di ruangan yang kosong, perpustakaan, kafe atau di rumah.
Gangguan di kantor tidak dapat dihilangkan begitu saja. namun, tips di atas dapat membantu anda untuk menangani beberapa gangguan, sehingga anda bisa bekerja lebih produktif.
Comments
Post a Comment