Beberapa orang percaya kalau tempat meja kerja yang berantakan adalah refleksi dari pikiran yang berantakan. Jika anda ingin mengembalikan kesegaran, mungkin anda harus mengatur meja anda. Semua yang anda butuhkan adalah sebuah rencana dan beberapa produk pembersih yang baik.
1. Mulai dengan mengosongkan meja.
Kesampingkan segala hal yang berada di meja ( di atas maupun di dalam laci jika ada ) dan taruh di lantai atau meja lainnya di dekat anda.
Buang semua barang-barang yang tak terpakai lagi, seperti kertas bekas, serpihan sampah, atau lainnya.
Jangan pindahkan benda-benda yang besar dan penting seperti printer, atau layar komputer.
2. Prioritaskan yang utama.
Tentukan benda apa yang akan paling sering anda gunakan ; bisa pensil, pulben, gunting atau dokumen penting, bahkan lotion tangan.
Simpan barang-barang ini di tempat yang mudah dijangkau tangan. Misalnya memasukkan pensil dan pulpen ke dalam gelas khusus.
3. Bersihkan meja kerja anda.
Coba taruh jam dan kalender dekat anda. Jika anda biasa menggunakan komputer/laptop, hanya gunakan benda itu untuk bekerja dan matikan ketika selesai. Sediakan tempat kecil di meja anda untuk laptop, tapi jika bisa jangan di tempat yang berdekatan. Terlalu banyak alat elektronik tidak hanya membuat meja anda berantakan, namun juga pikiran anda.
4. Simpan barang-barang yang kadang digunakan di tempat yang mudah dijangkau.
Sama seperti nomor 2, tapi tempat ini bisa lemari atau rak. Barang anda harus di tempat yang spesifik agar anda tahu dimana menyimpan mereka. Barang-barang di dalam rak/lemari juga harus rapih. Sebagai contoh, anda bisa memisahkan lemari ke dalam beberapa bagian, satu untuk pensil, pulpen, penghapus, gunting, stabilo, satu lagi untuk penyerut, penjepit kertas, dan satu lagi untuk buku, tisu, lotion, kotak P3, dll. Jangan biarkan berserakan di meja kerja
5. Simpan barang yang jarang sekali terpakai di tempat yang jarang dijangkau.
Barang yang jarang sekali digunakan tidak perlu ada di area yang mudah dijangkau. Dengan menyimpannya di tempat tertentu, anda akan membuka ruang untuk benda yang akan anda sering gunakan.
Comments
Post a Comment