Wawancara kerja biasanya berlangsung selama beberapa menit hingga 1 ½ jam, atau 1 jam penuh untuk wawancara yang benar-benar serius. Tidak peduli berapa lama anda mengikuti wawancara, anda hanya memiliki waktu yang sangat terbatas untuk menunjukkan kesan yang positif.
![]() |
govcentral.monster.com |
Saya mengatakan ini kepada anda karena akan membantu membangun rasa percaya diri anda. Jangan salah mengartikannya sebagai suatu tekanan, karena yang dimaksudkan adalah efek yang sebaliknya. Alasan mereka memanggil anda untuk wawancara kerja yaitu karena mereka ingin menerima anda bekerja. Tugas anda adalah tidak memberikan peluang bagi mereka untuk menolak anda.
Anda tahu bahwa anda sangat cocok untuk pekerjaan tersebut, namun tidak selalu mudah untuk menjelaskannya kepada pewawancara tanpa terlihat seperti berbasa-basi, berbicara hal-hal klise seperti dalam artikel “Tips Sukses dalam wawancara kerja” lainnya yang telah anda baca. Saya di sini untuk mengusulkan bahwa sebelum anda memikirkan hal lainnya, anda perlu meningkatkan kemampuan komunikasi anda karena hal sederhana tersebut berpengaruh besar dalam wawancara kerja.
1) Menjadi Seseorang yang Inquisitive
Inquisitive adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Bertanyalah kepada beberapa karyawan untuk mencari tahu lebih banyak informasi tentang posisi anda di perusahaan. Ajukan pertanyaan tentang kondisi lingkungan kerja, bagaimana jam kerja untuk posisi yang akan anda tempati nantinya. Pertanyaan-pertanyaan itu akan membantu anda untuk mengetahui karyawan apa yang mereka cari dan apa yang mereka pikirkan serta memberikan sedikit gambaran yang akan membantu anda menjawab pertanyaan saat wanwancara kerja.
2) Mendengarkan dengan seksama
Pernahkan anda bertanya kepada seseorang, namun perhatian anda akan mulai teralihkan jika jawabannya terlalu bertele-tele? Anda tentunya tidak ingin hal seperti itu terjadi saat wawancara kerja, jadi, sebaiknya anda memusatkan perhatian penuh kepada apa yang ditanyakan pewawancara, sehingga anda dapat menjawabnya dengan tepat.
3) Berlatih dengan Teman
Ajak seorang teman yang dapat membantu anda menjawab pertanyaan-pertanyaan umum saat wawancara. Anda tidak akan bisa menyiapkan semua yang mereka tanyakan, namun jika anda memiliki daftar pertanyaan-pertanyaan yang sering ada dalam wawancara kerja, dan anda berlatih untuk menjawabnya, maka akan sangat membantu. Anda pasti tidak ingin terlihat seperti membaca sebuah skrip dalam menjawab wawancara kerja, jadi sebaiknya jangan menghafalkan kata per kata jawaban. Cukup pelajari intinya saja, sehingga anda tidak berangkat ke wawancara kerja tanpa persiapan.
4) Menunjukkan yang Terbaik dari Diri Anda
Pastikan anda tidur nyenyak sebelum berangkat wawancara kerja. Apakah anda percaya bahwa beberapa orang terlihat lelah saat melakukan wawancara kerja? Dijamin anda tidak akan mendapatkan pekerjaan. Selain itu, jangan terlambat, jangan datang dengan penampilan yang tidak rapi dan berantakan. Saat wawacanra kerja adalah kesempatan terbaik untuk menunjukkan diri anda yang terbaik. Jadilah diri sendiri saat wawancara.
5) Bernegoisasi dengan Cerdas
Tergantung pada seberapa besar perusahaan tersebut membutuhkan anda dan seberapa baik kemampuan anda, anda mungkin memiliki kesempatan untuk bernegoisasi. Jika mereka menanyakan berapa banyak gaji yang anda inginkan dan anda belum memikirkannya, cukup katakan kepada mereka bahwa anda mengharapkan kompensasi yang standar dalam perusahaan dan sesuai dengan kemampuan serta pengalaman anda, dan akan meningkat sejalan dengan kemampuan anda. Jika anda tertarik dengan tawarannya, anda boleh menerima atau sebaliknya. Ingatlah bahwa anda juga memiliki kesempatan yang sama dalam bernegoisasi, asal jangan memaksakan atau anda akan kehilangan kesempatan itu.
6) Berkata Jujur
Bernegoisasi dan menunjukkan yang terbaik dari diri anda merupakan hal yang penting, namun bersikap jujur juga tidak kalah pentingnya. Mendapatkan pekerjaan dengan cara yang tidak jujur dan berpura-pura hanya akan merugikan diri anda sendiri. Jangan berpura-pura anda mendapatkan banyak tawaran kerja padahal kenyataannya tidak seperti itu. Sikap tersebut hanya akan menyia-nyiakan waktu orang banyak.
Semoga anda telah menemukan beberapa tips yang akan membantu anda untuk meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi ketika anda sedang wawancara kerja – semoga berhasil!
Comments
Post a Comment