Skip to main content

Tips Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Untuk Wawancara Kerja

Wawancara kerja biasanya berlangsung selama beberapa menit hingga 1 ½ jam, atau 1 jam penuh untuk wawancara yang benar-benar serius. Tidak peduli berapa lama anda mengikuti wawancara, anda hanya memiliki waktu yang sangat terbatas untuk menunjukkan kesan yang positif.
govcentral.monster.com
Saya mengatakan ini kepada anda karena akan membantu membangun rasa percaya diri anda. Jangan salah mengartikannya sebagai suatu tekanan, karena yang dimaksudkan adalah efek yang sebaliknya. Alasan mereka memanggil anda untuk wawancara kerja yaitu karena mereka ingin menerima anda bekerja. Tugas anda adalah tidak memberikan peluang bagi mereka untuk menolak anda.

Anda tahu bahwa anda sangat cocok untuk pekerjaan tersebut, namun tidak selalu mudah untuk menjelaskannya kepada pewawancara tanpa terlihat seperti berbasa-basi, berbicara hal-hal klise seperti dalam artikel “Tips Sukses dalam wawancara kerja” lainnya yang telah anda baca. Saya di sini untuk mengusulkan bahwa sebelum anda memikirkan hal lainnya, anda perlu meningkatkan kemampuan komunikasi anda karena hal sederhana tersebut berpengaruh besar dalam wawancara kerja.

1)  Menjadi Seseorang yang Inquisitive
Inquisitive adalah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Bertanyalah kepada beberapa karyawan untuk mencari tahu lebih banyak informasi tentang posisi anda di perusahaan. Ajukan pertanyaan tentang kondisi lingkungan kerja, bagaimana jam kerja untuk posisi yang akan anda tempati nantinya. Pertanyaan-pertanyaan itu akan membantu anda untuk mengetahui karyawan apa yang mereka cari dan apa yang mereka pikirkan serta memberikan sedikit gambaran yang akan membantu anda menjawab pertanyaan saat wanwancara kerja.

2)  Mendengarkan dengan seksama
Pernahkan anda bertanya kepada seseorang, namun perhatian anda akan mulai teralihkan jika jawabannya terlalu bertele-tele? Anda tentunya tidak ingin hal seperti itu terjadi saat wawancara kerja, jadi, sebaiknya anda memusatkan perhatian penuh kepada apa yang ditanyakan pewawancara, sehingga anda dapat menjawabnya dengan tepat.

3)  Berlatih dengan Teman

Ajak seorang teman yang dapat membantu anda menjawab pertanyaan-pertanyaan umum saat wawancara. Anda tidak akan bisa menyiapkan semua yang mereka tanyakan, namun jika anda memiliki daftar pertanyaan-pertanyaan yang sering ada dalam wawancara kerja, dan anda berlatih untuk menjawabnya, maka akan sangat membantu. Anda pasti tidak ingin terlihat seperti membaca sebuah skrip dalam menjawab wawancara kerja, jadi sebaiknya jangan menghafalkan kata per kata jawaban. Cukup pelajari intinya saja, sehingga anda tidak berangkat ke wawancara kerja tanpa persiapan.

4)  Menunjukkan yang Terbaik dari Diri Anda
Pastikan anda tidur nyenyak sebelum berangkat wawancara kerja. Apakah anda percaya bahwa beberapa orang terlihat lelah saat melakukan wawancara kerja? Dijamin anda tidak akan mendapatkan pekerjaan. Selain itu, jangan terlambat, jangan datang dengan penampilan yang tidak rapi dan berantakan. Saat wawacanra kerja adalah kesempatan terbaik untuk menunjukkan diri anda yang terbaik. Jadilah diri sendiri saat wawancara.

5)  Bernegoisasi dengan Cerdas
Tergantung pada seberapa besar perusahaan tersebut membutuhkan anda dan seberapa baik kemampuan anda, anda mungkin memiliki kesempatan untuk bernegoisasi. Jika mereka menanyakan berapa banyak gaji yang anda inginkan dan anda belum memikirkannya, cukup katakan kepada mereka bahwa anda mengharapkan kompensasi yang standar dalam perusahaan dan sesuai dengan kemampuan serta pengalaman anda, dan akan meningkat sejalan dengan kemampuan anda. Jika anda tertarik dengan tawarannya, anda boleh menerima atau sebaliknya. Ingatlah bahwa anda juga memiliki kesempatan yang sama dalam bernegoisasi, asal jangan memaksakan atau anda akan kehilangan kesempatan itu.

6)  Berkata Jujur
Bernegoisasi dan menunjukkan yang terbaik dari diri anda merupakan hal yang penting, namun bersikap jujur juga tidak kalah pentingnya. Mendapatkan pekerjaan dengan cara yang tidak jujur dan berpura-pura hanya akan merugikan diri anda sendiri. Jangan berpura-pura anda mendapatkan banyak tawaran kerja padahal kenyataannya tidak seperti itu. Sikap tersebut hanya akan menyia-nyiakan waktu orang banyak.
Semoga anda telah menemukan beberapa tips yang akan membantu anda untuk meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi ketika anda sedang wawancara kerja – semoga berhasil!

Comments

Popular posts from this blog

Awas! Mindset Salah, Bisnis Bisa-bisa Bermasalah (Laris Part-1)

Oke langsung saja... Malam ini saya tidak akan membahas teknis, melainkan saya akan mengawali perjumpaan kita dengan pembahasan tentang MINDSET atau POLA PIKIR. Kenapa ini saya bahas di awal? Karena memang ini yang bisa membawa kita untuk terus maju dan sukses. Jika diibaratkan motor, Mindset adalah mesinnya. Kalau mesinnya bermasalah, maka motornya bisa macet.  Itu alasan pertama... Alasan kedua, kenapa Mindset saya bahas di awal? karena kebanyakan orang yang pernah saya temui, mereka berpikir “ Membuka Bisnis Itu Sulit. “ Mungkin hal itulah yang menyebabkan minat berbisnis di negara kita tercinta ini, lebih sedikit dibandingkan minat bekerja di sebuah perusahaan.  Terbukti banyak orang yang BARU MERASA butuh memulai bisnis setelah kena PHK, atau ketika gaji yang ada tidak mencukupi kebutuhan hidup.  Lantas, apakah memulai bisnis itu benar-benar sulit?  Untuk tahu jawabannya, coba jawab pertanyaan dibawah ini... Bagi yang emak-emak nich... Coba ingat-ingat kembali, ...

Ternyata Baking Powder dengan Baking Soda Berbeda Lho?!

SainsMe - Di artikel sebelumnya, kamu sudah mengenal salah satu bahan pengembang adonan roti, yaitu ragi. Selain ragi, sebenarnya ada juga bahan pengembang lain yang sering digunakan dalam roti. Salah satunya adalah baking powder . Errrrr baking powder atau baking soda ? Samakah kedua bahan itu? Ternyata, baking powder dan baking soda adalah dua bahan yang berbeda! Bagaimana bedanya? Mengapa bisa ada dua jenis bahan yang nama dan kegunaannya hampir mirip? Begini, baking soda adalah bahan pengembang yang hanya mengandung soda murni. Orang-orang ahli kimia biasa menyebutnya dengan sebutan natrium bikarbonat. Baking soda tersebut bersifat basa murni. Sedangkan baking powder adalah natrium bikarbonat yang dicampur dengan zat lain yang bersifat sedikit asam. Semakin bingung mengapa ada yang basa murni dan ada yang dicampur dengan asam? Mungkin penjelasan bagaimana kedua bahan tersebut bisa mengembangkan adonan roti akan membantumu memahaminya. Seperti halnya ragi, baik baking pow...

10 Cara Belajar yang Baik Berbahasa Inggris dengan 2M

Ingin tahu cara belajar yang baik menguasai bahasa asing? Apapun bahasanya anda bisa mudah mempelajarinya dan sangat tidak memberatkan asal anda tahu cara tipsnya yang akan saya bahas dalam artikel Just Share… What can I Share. 1. Pastikan anda memang anda keinginan yang MEMBARA belajar bahasa Inggris, menguatkan motivasi dan tekat anda sangat akan membantu anda gigih hingga belajar tuntas. 2. Segera anda tentukan cara belajar yang baik , salah satu cara yang selama ini telah terbukti keampuhannya adalah dengan Listening (Mendengar) and Reading (Membaca), atau bisa juga dengan salah satu saja Reading atau Listening saja. Strategi ini bisa anda atur mana yang lebih efektif dan efisien menurut anda belajar bahasa Inggris. Apapun cara yang anda pilih akan sangat lebih efektif bila keduanya bisa anda jalankan, setelah itu ditambah dengan kemampuan membaca sambil menulis.