Kredibilitas sangatlah penting untuk kesuksesan bisnis maupun karir. Terlepas dari posisi atau peran anda di kantor, anda perlu menjadi seseorang yang dihormati oleh orang lain. Jika anda adalah seorang pemimpin, kredibilitas akan memungkinkan anda untuk menarik pengikut yang berkomitmen dan bersemangat. Jika anda adalah seorang marketer, anda akan cenderung melakukan lebih banyak penjualan bila anda dipercaya dan setia.
Di bawah ini adalah beberapa petunjuk yang akan membantu anda membangun kredibilitas:
1) Membangun Karakter
Integritas dan karakter adalah landasan dari kredibilitas. Langkah awal untuk membangun karakter yang kuat adalah menetapkan nilai inti pada kehidupan yang akan anda jalani. Nilai-nilai tersebut antara lain seperti kejujuran, kedermawanan, kerja keras dan cerdas/unggul. Anda harus mempersiapkan diri untuk semua yang anda percaya pada segala situasi. Bersiaplah untuk mempertahankan pilihan dan nilai-nilai anda tersebut.
Integritas juga sangat penting untuk kredibilitas seseorang. Kapan saja anda membuat sebuah komitmen atau janji, pastikan untuk selalu menepatinya. Kapanpun anda membuat suatu kesalahan, bertanggungjawablah dan perbaiki kesalahan anda.
2) Transparan
Anda perlu belajar untuk bersikap jujur dan terbuka dalam segala urusan. Dengan sikap seperti ini, orang lain tidak akan menebak-nebak apa tujuan dan motivasi anda. Oleh karena itu, perlu bersikap transparan ketika melibatkan para pemasok, klien dan anggota tim. Anda akan lebih dipercaya ketika anda jelas tentang tujuan, nilai-nilai dan maksud anda. Sikap terbuka juga sangat diperlukan ketika membahas tentang tranparansi. Jangan takut untuk berbagi kesulitan yang anda hadapi, ketakutan anda dan kegagalan yang pernah dialami kepada orang lain.
3) Mengembangkan Keahlian
Untuk meningkatkan kredibilitas, pastikan untuk mengembangkan keahlian sesuai di bidang tertentu. Orang lain cenderung lebih percaya kepada anda jika anda memiliki reputasi yang baik pada keahlian bidang tertentu. Jangan lupa untuk selalu sejalan dengan perkembangan terkini dan tren terbaru dalam industri anda. Setelah membangun reputasi untuk suatu keahlian, pastikan untuk menjaganya. Membuat keputusan yang salah atau berbagi informasi yang tidak akurat dapat memberi efek pada berakhirnya reputasi yang telah anda bangun.
4) Profesionalisme
Profesionalisme merupakan hal yang sangat penting ketika berbicara tentang kredibilitas. Pertama, anda perlu menjadi seseorang yang professional dalam berpenampilan. Bagaimana anda mengatur suara saat berbicara kepada orang di sekitar anda. Oleh karena itu, sangat perlu untuk berpakaian secara professional dan sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut akan menambah rasa percaya diri anda dan mendapatkan rasa hormat dari orang lain. Selain dari penampilan, anda juga harus bersikap professional dalam berhubungan dengan orang lain. Ketika bekerja, belajarlah untuk mengontrol emosi anda. Hindari godaan terlibat dalam suatu perdebatan dengan orang lain ketika merasa frustasi atau stress. Setiap saat, tetaplah bersikap objektif dan masuk akal. Pada akhirnya, anda perlu untuk menjadi seseorang yang professional dalam bekerja. Pastikan untuk tepat waktu mengerjakan perkerjaan kantor dan selalu berusaha keras memberikan hasil pekerjaan dengan kualitas terbaik.
5) Berkomunikasi Secara Jelas
Untuk meningkatkan kredibilitas anda, anda perlu menjadi seseorang pendengar yang baik serta memberikan nasihat dan saran yang dapat membantu. Pastikan untuk berkomunikasi dengan percaya diri dan jelas. Hilangkan segala penghalang saat berkomunikasi seperti jargon industri. Hal tersebut akan membuat orang yang anda ajak berbicara lebih mudah memahami penjelasan anda. Sebagai tambahan, anda perlu memastikan bahwa infornasi yang anda berikan merupakan fakta sebenarnya. Melebih-lebihkan cerita atau fakta hanya akan merusak kredibilitas anda.
Kesimpulan :
Kredibilitas tidak bisa dibangun dengan kilat. Namun, menerapkan tips di atas secara konsisten dan sabar akan membantu anda memenangkan kepercayaan dan rasa hormat dari orang lain.
image source: pixabay.com
Di bawah ini adalah beberapa petunjuk yang akan membantu anda membangun kredibilitas:
1) Membangun Karakter
Integritas dan karakter adalah landasan dari kredibilitas. Langkah awal untuk membangun karakter yang kuat adalah menetapkan nilai inti pada kehidupan yang akan anda jalani. Nilai-nilai tersebut antara lain seperti kejujuran, kedermawanan, kerja keras dan cerdas/unggul. Anda harus mempersiapkan diri untuk semua yang anda percaya pada segala situasi. Bersiaplah untuk mempertahankan pilihan dan nilai-nilai anda tersebut.
Integritas juga sangat penting untuk kredibilitas seseorang. Kapan saja anda membuat sebuah komitmen atau janji, pastikan untuk selalu menepatinya. Kapanpun anda membuat suatu kesalahan, bertanggungjawablah dan perbaiki kesalahan anda.
2) Transparan
Anda perlu belajar untuk bersikap jujur dan terbuka dalam segala urusan. Dengan sikap seperti ini, orang lain tidak akan menebak-nebak apa tujuan dan motivasi anda. Oleh karena itu, perlu bersikap transparan ketika melibatkan para pemasok, klien dan anggota tim. Anda akan lebih dipercaya ketika anda jelas tentang tujuan, nilai-nilai dan maksud anda. Sikap terbuka juga sangat diperlukan ketika membahas tentang tranparansi. Jangan takut untuk berbagi kesulitan yang anda hadapi, ketakutan anda dan kegagalan yang pernah dialami kepada orang lain.
3) Mengembangkan Keahlian
Untuk meningkatkan kredibilitas, pastikan untuk mengembangkan keahlian sesuai di bidang tertentu. Orang lain cenderung lebih percaya kepada anda jika anda memiliki reputasi yang baik pada keahlian bidang tertentu. Jangan lupa untuk selalu sejalan dengan perkembangan terkini dan tren terbaru dalam industri anda. Setelah membangun reputasi untuk suatu keahlian, pastikan untuk menjaganya. Membuat keputusan yang salah atau berbagi informasi yang tidak akurat dapat memberi efek pada berakhirnya reputasi yang telah anda bangun.
4) Profesionalisme
Profesionalisme merupakan hal yang sangat penting ketika berbicara tentang kredibilitas. Pertama, anda perlu menjadi seseorang yang professional dalam berpenampilan. Bagaimana anda mengatur suara saat berbicara kepada orang di sekitar anda. Oleh karena itu, sangat perlu untuk berpakaian secara professional dan sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal tersebut akan menambah rasa percaya diri anda dan mendapatkan rasa hormat dari orang lain. Selain dari penampilan, anda juga harus bersikap professional dalam berhubungan dengan orang lain. Ketika bekerja, belajarlah untuk mengontrol emosi anda. Hindari godaan terlibat dalam suatu perdebatan dengan orang lain ketika merasa frustasi atau stress. Setiap saat, tetaplah bersikap objektif dan masuk akal. Pada akhirnya, anda perlu untuk menjadi seseorang yang professional dalam bekerja. Pastikan untuk tepat waktu mengerjakan perkerjaan kantor dan selalu berusaha keras memberikan hasil pekerjaan dengan kualitas terbaik.
5) Berkomunikasi Secara Jelas
Untuk meningkatkan kredibilitas anda, anda perlu menjadi seseorang pendengar yang baik serta memberikan nasihat dan saran yang dapat membantu. Pastikan untuk berkomunikasi dengan percaya diri dan jelas. Hilangkan segala penghalang saat berkomunikasi seperti jargon industri. Hal tersebut akan membuat orang yang anda ajak berbicara lebih mudah memahami penjelasan anda. Sebagai tambahan, anda perlu memastikan bahwa infornasi yang anda berikan merupakan fakta sebenarnya. Melebih-lebihkan cerita atau fakta hanya akan merusak kredibilitas anda.
Kesimpulan :
Kredibilitas tidak bisa dibangun dengan kilat. Namun, menerapkan tips di atas secara konsisten dan sabar akan membantu anda memenangkan kepercayaan dan rasa hormat dari orang lain.
Comments
Post a Comment